Saturday, June 7, 2014

Himax Pure 3 Review, Octa Core Termurah di Indonesia

Akhirnya ada produk baru yang bisa di review di blog ini, thanks God. Produk baru ini berasal dari produsen HP Himax yang sebenarnya saya kurang informasi apakah Brand lokal atau luar, jika ada yang tahu tolong komen di bawah ? Melalui akun Facebook-nya Himax mengumumkan pada hari hari Senin tanggal 2 Juni 2014 pemesanan Himax Pure 3 akan dibuka, tepatnya jam 11.30. Maka pada hari dan jam yang ditentukan oleh Himax, saya pun langsung memesan unit Himax Pure 3. Pesanan datang pada hari Kamis sekitar jam 1/2 7 malam, sangat jarang JNE mengirimkan barang pada jam tersebut. Tanpa panjang lebar lagi, mari kita mulai review Himax Pure 3...



PACKAGING
Pertama kali saya menggunakan packing kayu JNE, pada saat menerimanya... saya langsung bingung bagaimana cara membukanya. Akhirnya setelah 15-20 menit, packing kayupun dapat dilepaskan. 


Di dalam packing kayu tersebut terdapat isi dari Paket 2 yang saya pesan, berikut isi dari paket 2 :

  • Magic Sticker
  • OTG Line
  • Hardcase
  • Leathercase
  • Air Stick
  • Powerbank
  • Screen Guard Clear dan Glare berada dalam box Himax

Di dalam box Himax terdapat :

  • Charger
  • Cable Data
  • Earphone
  • Buku Garansi dan Manual
  • Unit Himax Pure 3


Untuk masalah packing, Himax ini sudah terbilang bagus karena menurut saya pibadi sangat rapi. Box Himax sendiri saya rasa cukup kuat jika dikirim melalui JNE tanpa packing kayu. Earphone yang disediakan oleh Himax berkualitas baik, akan tetapi bila anda suka memutar lagu yang banyak menggunakan nada rendah mungkin anda akan mengatakan earpohone ini kurang nendang.

DESIGN
Pertama memegang Pure 3 ini, sangat terlihat kesan mewah yang ada pada produk di atas 5 juta rupiah, walau Pure 3 dapat dipinang dengan harga setengah lebih murah. Build quality dari Pure 3 sangat kokoh, karena Pure 3 ini berasal dari pabrikan yang sama seperti ponsel sebelumnya saya review yaitu Polytron Crystal 4. Pabrikan tersebut adalah Gionee, ya Pure 3 adalah OEM dari Gionee Elife E7 Mini. Berikut adalah gambar tampak luar ponsel Pure 3.

Tampak Depan

Tampak Samping Kanan
Pada bagian kanan ponsel terdapat tombol Power, dan Volume Suara.

Tampak Bagian Bawah
Headphone jack dan USB port terdapat pada bagian bawah ponsel.

Kamera Utama Pure 3
Mengapa saya tanpa basa basi langsung meminang Himax Pure 3 ? salah satu alasannya adalah kamera putar 13 MP yang disematkan pada bagian atas ponsel. Di Indonesia sampai artikel ini ditulis, baru terdapat tiga jenis ponsel yang menggunakan kamera putar seperti ini. Sebut saja OPPO N1, ponsel dengan kamera putar pertama di Indonesia, dan MiTO Selfie yang mempunyai design seperti OPPO N1 tapi versi Mini yang baru diluncurkan pada ICS 2014. Mengapa saya tidak melirik OPPO N1 ? alesan utama adalah ukuran ponsel yang sangat besar, membuat saya tidak berpikir panjang untuk tidak membelinya. Untuk performa kamera Pure 3 ini, akan saya bahas pada bagian di bawah.

Untuk menjawab rasa penasaran jika menggunakan Hardcase saya akan coba menampilkan gambar pada saat menggunakan Hardcase / FlipCover. Tidak ada perbedaan yang mencolok dari keduanya, akan tetapi saya merasa Hardcase dan Flipcover tidak terlalu kuat mencengkram Pure 3 saya.



HARDWARE and PERFORMANCE
Himax Pure 3 ini menggunakan prosesor MT6592 yang pada saat ini merupakan madona pada ponsel di daratan Tiongkok. Antutu score yang saya dapat adalah 25161, yang menurut saya sudah sangat baik. Mengapa ? karena menurut saya ponsel dengan Antutu di atas 20k sudah akan nyaman digunakan dalam penggunaan sehari-hari, semoga teori ini benar adanya. 


Prosesor MT6592 ini adalah prosesor Octa Core yang berarti memiliki 8 buah inti pada sebuah SOC, MT6592 di klaim oleh pihak Mediatek sebagai prosesor Octa Core pertama yang dapat menjalankan seluruh core di saat yang bersamaan. GPU yang tersemat pada SOC ini adalah Mali 450-MP, yang jika digunakan untuk memainkan game cukup dapat diandalkan.


Sensor yang disematkan pada Pure 3 dapat dibilang cukup lengkap, karena beberapa sensor dasar dapat terlihat pada hasil CPU Z di atas. Himax Pure 3 menggunakan display layar 4.7 inch dengan resolusi HD (720p) sehingga menampilkan gambar yang dapat dibilang tajam, dengan tingkat kerapatan mencapai 320 dpi. Tentu dengan resolusi tinggi ini Himax Pure 3 sangat pas untuk memainkan game HD ataupun menonton video dengan resolusi 720p.

Seperti yang sudah saya katakan sebelumnya, kamera putar 13MP adalah faktor penarik utama bagi saya untuk meminang Pure 3. Lalu bagaimana dengan hasil kamera tersebut ? hal ini lebih baik dijelaskan langsung oleh contoh gambar yang saya sertakan di bawah ini.




Setelah melihat hasil gambar di atas, bagaimana tanggapan para pembaca tentang kamera dari Pure 3 ini ?

Berbicara tentang performance, banyak dari kita yang menggunakan ponsel sebagai gaming device. Bagaimana performa Pure 3 untuk memainkan game HD ? untuk menjawab pertanyaan ini sebenarnya saya ingin memberikan video Pure 3 pada saat memainkan game Real Racing 3, yang sering saya gunakan sebagai benchmark sebuah ponsel pintar. Mungkin besok akan saya update setelah sukses mengupload video tersebut ke YouTube malam ini. Jika ada game yang ingin anda mainkan dan ingin mengetahui apakah game tersebut berjalan lancar atau tidak di Himax Pure 3, bisa menuliskannya di komentar. ------ setelah mencoba beberapa kamera di rumah... ternyata kualitas video tidak terlalu bagus, game yang sudah dicoba di Pure3 gw RealRacing3, BraveFrontier, dan Cytus, semua judul game tersebut berjalan lancar. Gaming review tetap dibuka selama ada permintaan dari pembaca, so request di kolom komen saja ya. Mungkin nanti gw bakal upload video pendek tentang game yang di request.

Berbicara tentang Hardware, ada satu bagian lagi yang harus dilirik secara detail yaitu ketahanan batre dari ponsel. Batre yang disematkan pada Pure 3 mempunyai kapasitas 2200 mAh. Hingga tulisan ini dibuat, penulis tidak mempunyai problem dengan batre dalam kegiatan sehari-hari. Akan saya posting ketahanan batre dari Pure 3 ini, di lain waktu. ----- hasil pemakaian hari minggu kmarin jam 7 malam masih tersisa 40%, pemakaian normal gaming 15-20 menit. Masih akan dicoba lagi untuk mendapat hasil yang lebih baik. Ditunggu saja gambarnya


Akhirnya dapet juga screenshot batre pemakaian normal, banyakan 3G dari WiFI dual SIM ON. Pagi 100% sampe jam 20.34 masih sisa 41%, gaming kira2 1 jam total. Menurut gw batre segini sangat cukup dan dapat dibilang bagus.

USER INTERFACE
Himax Pure 3 ini menggunakan OS Custom yang didasarkan pada Android 4.2.2 Jelly Bean, bernama AmigoOS. Tampilan original dari AmigoOS tampak seperti gambar di bawah, icon yang colorfull dan flat. Di hari sebelum saya menerima Himax Pure 3, saya sempat datang ke ICS 2014 dan saya melihat adanya Xiaomi, menurut saya tampilan dari AmigoOS ini hampir menyerupai MiUI, Custom OS milik Xiaomi.


AmigoOS ini memiliki beberapa kelebihan dibanding Android 4.2.2 Jelly Bean pada umumnya, sebut saja fitur Smart Gesture, Guest Mode, Burst Shot, dan Widget pada lock screen. Jika dilihat fitur yang ada, sangat mirip dengan fitur yang terdapat pada kebanyakan ponsel LG. Untuk melihat penjelasan fitur AmigoOS pembaca dapat langsung mengklik link berikut untuk melihatnya di halaman resmi Himax.


Tambahan : tidak terdapat apps drawer seperti Android lainnya.

Untuk interface kamera tidak terlalu banyak penambahan jika dibandingkan dengan interface Polytron Crystal 4 sebelumnya. Terdapat mode HDR, beberapa mode Scene, dan Fitur yang dapat dikatakan baru yaitu Eraser Mode. Suatu mode yang dapat menghilangkan benda bergerak pada saat kita mengambil gambar.



KESIMPULAN
Apakah ponsel ini layak untuk dibeli ? secara pribadi saya akan mengatakan YA, tidak ada ponsel lain di bawah 2.5 juta yang dapat menjadi saingan ponsel ini di pasar Indonesia, setidaknya hingga review ini ditulis. Saya tidak tahu apakah ponsel ini masih dapat saya katakan tidak terkalahkan pada harga di bawah 2.5 juta, apabila Xiaomi sudha masuk Indonesia hahaha. 

Kelebihan Himax Pure 3 :
  • OctaCore, memberikan performa luar biasa
  • Build Quality tidak memberikan kesan ponsel murahan
  • Kamera 13MP putar, yang dapat memberikan kegunaan lebih
  • Harga yang dapat dibilang murah, karena ponsel octa core rata-rata dibanderol 3jt++

Kekurangan Himax Pure 3 :

  • Bug pada software, Icon yang sudah dimasukan dalam folder setelah reset ponsel akan berantakan kembali.
  • Hardcase atau leathercase yang kurang memberikan genggaman pada Pure 3
  • RAM 1GB, sayang banget yang ini coba 2GB ngarep.com
Kelebihan dan kekurangan akan ditambah seiring dengan pemakaian Himax Pure 3.

Sekian review singkat dari saya, jika ada pertanyaan silahkan ditujukan pada kolom di bawah, thanks 4 reading.


Share:

Gadget4Indo Shop

Google+ Followers

Total Pageviews

Powered by Blogger.

Follow by Email

Contact Me

TwitterFacebookGoogle PlusInstagramRSS FeedEmail

Translate This Blog