Sunday, November 10, 2013

Review Polytron Crystal 4 W8480



Kemarin pada hari Sabtu ada kiriman paket dari JNE, dan ternyata paket tersebut adalah kiriman sebuah Smartphone Polytron Crystal 4 W8480 dari blibli.com yang penulis Order pada tanggal 3 November 2013. Dalam artikel ini akan terdapat isi dari box Polytron Crystal 4 dan juga Review setelah 2 hari pemakaian.



Packaging
Point pertama yang akan saya bahas adalah Packaging.
Polytron Crystal 4 ini dikirimkan dengan kardus seperti smartphone lainnya, akan tetapi kualitas warna pada packaging ini kurang jika dibandingkan dengan merk pesaing.
Untuk lebih lengkapnya lihat pada gallery yang terdapat di bawah

Tampak Depan Box
Tampak Samping Box
Kelengkapan Dari Isi Box
Dari dalam box anda akan mendapatkan :
  • Buku manual
  • 1 Unit Polytron Crystal 4
  • Cara memasukan SimCard, tetapi yang PO dari blibli.com SimCard Mentari sudah dimasukan kedalamnya
  • Kartu Garansi
  • Earphone, menurut penulis kurang bagus. Bass yang diberikan kurang bulat, nada rendah dan tinggi tenggelam oleh Bass.
  • Cable Data
  • Kepala Charger
  • Leather Case Eklusif

DESIGN
Mari kita lihat tampak asli dari Poltron Crystal 4 ini :

Tampak Depan
Layar display Polytron Crystal 4 tampak seperti kaca apabila kondisi standby atau mati, tulisan Polytron di atas hanya menempel pada plastik pelindung dari pabrik. Pada saat plastik tersebut diangkat, tulisan Polytron lenyap dari tampak depan. Dari review sodara kembarnya yang berada di negara lain, tampaknya Polytron Crystal 4 ini sudah menggunakan Corning Gorilla Glass 2. Namun hal tersebut belum sekalipun di konfirmasi oleh pihak Polytron, karena hal tersebut saya masih belum yakin bahan yang digunakan untuk kaca pelindung. Display menggunakan Super AMOLED dengan resolusi HD 720p, sehingga gambar yang dihasilkan sangat bagus.

Tampak Belakang
Pada belakang Polytron Crystal 4 akan terlihat camera dengan besar sensor 8MP lengkap dengan sebuah flash LED, dan terdapat lubang kecil yang saya kurang tahu kegunaannya. Tebakan saya lubang tersebut adalah lubang untuk noise cancelling. Bahan yang digunakan untuk sisi belakang ini memiliki Soft Feel pada saat disentuh, menyerupai Find Way.

Tampak Samping Kiri
Pada samping kiri dari Polytron Crystal 4 akan terlihat tombol Volume Up n Down, dan juga tombol Power, untuk mematikan dan menyalakan layar display. Dari sisi ini dapat dilihat betapa tipisnya Polytron Crystal 4, yang menurut data hanya setebal 6.4mm.

Tampak Samping Kanan
Samping kanan dari Polytron Crystal 4 hanya terlihat sebuah lubang mini USB untuk charging dan slot SimCard. Untuk lubang Earphone terdapat di bagian atas Smartphone Polytron Crystal 4.

Samping Kanan Dengan Cover
Pada saat menggunakan Leather Case yang diberikan dengan paket penjualan Polytron Crystal 4 masih terasa sangat tipis.

Tampak Atas Dengan Cover
Dari sisi ini dapat terlihat bahwa terdapat lubang earphone 3.5mm di sisi atas Polytron Crystal 4.

HARDWARE
Dari spesifikasi di atas kertas Polytron mempunyai spesifikasi yang dapat dibilang mampu menyaingi model Flagship pesaing yang dikeluarkan tahun lalu. Dalam dapur pacu terdapat prosesor quad core dari Mediatek, yaitu MTK6589T dengan kecepatan masing-masing core adalah 1.5Ghz, ditemani dengan RAM sebesar 1GB, dan internal 16GB. Spesifikasi diatas membuat penulis melihat kembali sebuah Smartphone yang dirilis November 2012 yaitu Nexus4. Spesifikasi yang ada terlihat mirip, perbedaan yang mencolok terdapat pada SOC yang digunakan dan besarnya RAM. Namun apakah Polytron Crystal 4 dapat menyaingi produk tahun lalu tersebut ? mari kita lihat hasil Benchmark pada saat baru keluar dari Box.

Antutu Benchmark Polytron Crystal 4
Dengan hasil Benchmark yang mencapai 16 ribuan, saya mencoba untuk compare langsung dengan Nexus 4 yang diluncurkan tahun lalu dengan harga lebih mahal pada saat dijual di Indonesia, hasilnya terlihat seperti di bawah.

Hasil Komparasi Dengan Nexus4
Ternyata Polytron Crystal 4 mampu bersaing dengan Nexus 4, perbedaan yang terlihat tidak terlalu signifikan. Hal ini menandakan bahwa jika ingin mempunyai smartphone High End jadul dapat ditebus dengan harga yang lebih murah. Akan tetapi nilai lebih Nexus 4 adalah terjaminnya upgrade software Android anda. Karena brand Nexus di bawah Google langsung, sehingga mendapatkan update Android yang lebih baik. Untuk Polytron saya belum tahu apakah akan mendapat Update yang sama atau tidak, mari berharap dapat... Gambar di bawah merupakan spesifikasi yang lebih lengkap menggunakan Antutu.

Spesifikasi Detail Dari Antutu
Dari Spesifikasi di atas dapat dilihat Prosesor yang digunakan adalah MTK6589T dengan kecepatan 1.5Ghz, RAM 1GB, VGA PowerVR SGX 544MP, Resolusi Layar 720x1280 dengan tingkat kerapatan 320dpi.
Kamera yang digunakan oleh Polytron Crystal 4 mempunyai sensor sebesar 8 MP untuk kamera belakang, dan 5 MP untuk kamera depan. Pada bagian ini akan terdapat gambar hasil test kamera dan interface kamera bawaan Polytron Crystal 4.

Hasil Test Kamera 1, Fokus Pada Objek Dekat
Hasil Test Kamera 2, Fokus Pada Objek Jauh
Hasil Foto Makanan Tadi Siang o_O
Dapat dilihat dari 3 hasil foto diatas, kamera yang ada pada Polytron Crystal 4 ini cukup bagus pada kondisi cahaya cukup. Saya tidak akan mencoba dalam kondisi keadaan Kurang Cahaya, karena saya tahu hasilnya akan kurang bagus. Dari hasil test kamera 1 dan 2 terlihat fokus kamera Polytron cukup baik dan kedalaman foto terasa. Dari test kamera 3 terlihat warna hampir menyerupai aslinya. Berikut penulis sertakan juga interface dari software kamera bawaan Polytron Crystal 4.


Gambar diatas adalah detail dari UI dan Mode dari kamera bawaan Polytron Crystal 4. Terdapat mode HDR dan settingan secara umum pada gambar pertama. Pada gambar kedua terdapat pilihan efek virtual pada saat pengambilan gambar. Pada gambar ketiga terdapat pilihan untuk cara pengambilan gambar. Pada gambar keempat terdapat mode yang digunakan. Pada gambar terakhir terdapat efek-efek warna pada saat pengambilan gambar.


LAUNCHER DAN USER INTERFACE
Launcher yang ada pada Polytron Crystal 4 tidak dapat dibilang bagus, karena penulis belum terbiasa menggunakan Launcher ini. Launcher yang ada hampir mendekati Vanilla dari Android itu sendiri, akan tetapi terdapat beberapa perubahan. Untuk lebih lengkapnya silahkan melihat gambar di bawah.

Tampilan Drop Down Menu
Jika menekan tombol berbentuk gerigi akan menampilkan menu pengaturan dari Polytron Crystal 4 ini. Berikut gambarnya secara detail :


Dari menu pengaturan seperti diatas kita dapat memeriksa berapa besar storage yang Polytron Crystal 4 miliki, seperti gambar di bawah ini. 


Internal Storage untuk menyimpan aplikasi hanya tersedia sebesar 4.43GB, dan untuk File lainnya sebesar 8.11GB. Untuk beberapa orang besar memory 4.43GB untuk aplikasi akan terasa kurang besar, yang merupakan salah satu nilai minus pada Polytron Crystal 4 ini.

Jika anda menekan tombol Display pada layar menu pengaturan di atas, akan terbuka pengaturan display seperti di bawah ini :


Pada gambar di atas terdapat pilihan Wireless display, yang berarti Polytron Crystal 4 ini sudah mendukung DLNA untuk menampilkan gambar ke pada monitor / TV yang terhubungkan dengan WiFi. Sayangnya penulis tidak mempunyai SmartTV untuk mencoba fitur tersebut.

Gambar-gambar di bawah adalah gambaran dari Launcher original yang ada pada Polytron Crystal 4.

Folder yang dibuat hanya mampu menampung 12 Applikasi di dalamnya
Tampilan Music Player, Penulis  sendiri menggunakan aplikasi PowerAmp untuk memutar lagu.
Tampilan untuk mengedit Homescreen ataupun menambahkan Widget

Gambar di atas menunjukan applikasi speedtest untuk mengukur kekuatan WiFi pada Polytron Crystal 4 ini. Saya bandingkan secara langsung dengan gadget penulis lainnya, dan hasilnya WiFi yang tersemat pada Polytron Crystal 4 ini cukup baik karena dengan sinyal 1 bar masih mendapatkan speed 7.2mbps.


Gambar di atas menggambarkan pemakaian batre. Chart di atas menggambarkan pemakaian WiFi pada saat saya di rumah, lalu saya pergi ke luar untuk makan siang menyalakan Koneksi Data 3G dan hasilnya seperti yang terlihat pada gambar di atas. Batre langsung termakan dengan sangat deras dan hanya mampu bertahan total 7 jam dengan pemakaian normal.

KESIMPULAN
Pada bagian ini penulis hanya akan menuliskan kelebihan dan kekurangan yang penulis dapatkan dari dua hari pemakaian. Kesimpulan ini mungkin dapat berubah jika penulis menemukan kelebihan dan kekurangan pada saat pemakaian selanjutnya. Satu hal yang perlu ditekankan, kelebihan dan kekurangan ini tidak bersifat mutlak, karena hanya berdasarkan opini dari penulis.

Kelebihan Polytron Crystal 4 :
  • Performa yang cukup baik, berkat Quad Core 1.5Ghz.
  • Hasil kamera cukup bagus
  • Build Quality baik
  • Price vs Performance, mampu menyaingi Nexus 4
Kekurangan Polytron Crystal 4 :
  • Batre pada saat menggunakan 3G sangatlah boros
  • Internal memory hanya 16GB, tanpa adanya micro SD slot
  • Tombol volume dan power di sebelah kiri pada saat menggunakan Leather Case bawaan susah untuk dipencet
Sekian Review dan Unboxing dari Gadget4Indo untuk para pembaca, semoga dapat membantu untuk membuat keputusan akan meminang Polytron Crystal 4 atau tidak. Sejujurnya penulis ingin membuat Review dalam bentuk Video, namun koneksi yang dimiliki penulis tidak cukup untuk mengupload Video. Jika ada pertanyaan pada hal yang belum saya test tolong ditanyakan melalui kolom Comment di bawah, terima kasih.
Share:

Gadget4Indo Shop

Google+ Followers

Total Pageviews

Powered by Blogger.

Follow by Email

Contact Me

TwitterFacebookGoogle PlusInstagramRSS FeedEmail

Translate This Blog