Monday, November 18, 2013

Hands On Bolt MiFi Koneksi 4G LTE Pertama di Indonesia

Akhirnya pada hari ini pesanan milik penulis berupa MiFi 4G Bolt datang juga, dan langsung saja sebuah artikel hands-on dibuat dalam waktu singkat. Mohon maaf jika ada kesalahan yang tidak disengaja oleh penulis.



Introduction

Apa sih Bolt 4G?

Singkat cerita seperti ini, perusahaan telekomunikasi bernama Internux meluncurkan layanan 4G Long Term Evolution pertama di Indonesia pada hari Kamis (14/11/2013). Produknya diberi nama Bolt yang menawarkan kecepatan akses internet hingga 75 Mbps.

Chief Technology Officer Internux Devid Gubiani mengatakan, jaringan 4G LTE Internux berjalan di pita frekuensi 2,3 GHz dengan menerapkan teknologi time division duplex long term evolution (TDD LTE). Di frekuensi tersebut, Internux menggunakan lebar pita 15 MHz untuk menggelar 4G LTE.

Jaringan 4G LTE Internux mencakup kawasan Jabodetabek. "Tahap awal ini kami menggunakan 1.500 menara BTS untuk menyediakan 4G LTE di Jabodetabek," kata Devid. Pada tahun 2015, Internux menargetkan memiliki 3.500 menara BTS untuk meningkatkan kualitas layanan.

Paket prabayar Internux dihargai Rp 25.000 untuk kuota 8 GB, ditambah perangkat mobile wi-fi 4G seharga Rp 274.000. Dengan demikian, total harga untuk pembelian pertama adalah Rp 299.000.

Untuk menikmati akses internet 4G LTE Internux, perangkat ponsel pintar, tablet, ataupun komputer pribadi bisa terhubung ke mobile wi-fi melalui koneksi wi-fi. "Mobile wi-fi Bolt dapat terkoneksi dengan delapan perangkat," kata Devid.

Jika kuota internet habis, pengguna dapat melakukan isi pulsa di toko atau peretail yang telah bermitra dengan Internux.

Jaringan Internux hanya melayani akses data, tidak dapat digunakan untuk telepon dan SMS.

Internux merupakan perusahaan telekomunikasi yang memiliki lisensi broadband wireless access(BWA). Oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika, operator dengan lisensi BWA, termasuk Internux, First Media, Berca, IM2, dan Jasnita, hanya diizinkan menggelar layanan data (internet).


Dengan penggalan berita yang saya dapatkan dari Kompas Tekno di atas dapat kita simpulkan bahwa Bolt adalah sebuah produk MiFi modem yang menggunakan koneksi terbaru yaitu 4G. Belum ada operator lain yang menggunakan koneksi 4G di Indonesia. Karena hal tersebut PT.Internux dengan sigap menjadi yang pertama dalam memberikan layanan koneksi 4G.

Penampakan
Mari kita lihat dengan gambar hasil foto MiFi Bolt milik penulis yang saya pesan hari Sabtu minggu lalu.


Gambar di atas adalah sebuah gambar yang penulis buat, yang bertujuan untuk memberitahu apa saja sih isi dari paketan Bolt 4G dari PT.Internux ini. 

Gambar paling kiri adalah tampak depan dari box Bolt 4G. 

Gambar di tengah merupakan tampak belakang dari box Bolt 4G, yang memberikan detail tentang alat MiFi ini. Alat ini dapat menerima maksimal 8 WiFi device dalam waktu yang bersamaan, battery sebesar 2300 mAh, dan dapat digunakan juga untuk File Sharing melalui WiFi. Jadi anda dapat memasang MicroSD di MiFi ini, lalu anda dapat menyimpan file disana. Akan tetapi bagaimana cara kerjanya, saya sendiri belum mencobanya, karena menurut saya sendiri belum cukup berguna. 

Gambar terakhir adalah isi dari kelengkapan yang ada pada box Bolt 4G, yang mencakup :
  • Device Bolt 4G itu sendiri
  • Buku penggunaan (Manual Book)
  • Kartu Garansi, dan Syarat Garansi
  • Kepala Charger, dan Kabel USB
Tampak luar sudah kita bahas, lanjut menuju penampakan lebih detail dari device Bolt 4G ini.


Gambar di atas menunjukan tampak depan dan samping kanan kiri dari device Bolt 4G LTE ini. Pada bagian depan Bolt 4G LTE ini terdapat logo Bolt. Pada samping kiri dari Produk terdapat port usb mini, untuk charging device ataupun mengatur nama WiFi dan Password di PC anda. 


Gambar kedua ini menunjukan tampak belakang dari device ini, karena produk ini merupakan produk ZTE maka tersematlah logo ZTE di tengah cover belakang device.


Gambar ketiga adalah tampak di balik cover device ini. Terdapat slot MicroSD, dan Sim Card. Tempat ini sekaligus menjadi rumah sebuah Batre sebesar 2300mAh.

Untuk artikel Hands On kali ini tidak terdapat Speed Test untuk mengecek koneksi dari MiFi Bolt 4G keluaran PT.Internux. Hal tersebut dikarenakan aktivasi dari kartu Bolt pada saat ini tidak dapat dilakukan. Aktivasi kartu dapat dilakukan pada akhir November. Informasi tersebut saya dapatkan ketika mencoba melakukan aktivasi dengan menelepon Customer Service Center dari Bolt 4G.

So pada akhir November nanti akan ada artikel lanjutan untuk mereview device terbaru ini, jangan lupa untuk terus memantau gadget4indo.blogspot.com

Website untuk Bolt 4G dapat dipantau melalui link berikut Bolt Super 4G
Share:

Gadget4Indo Shop

Google+ Followers

Total Pageviews

Powered by Blogger.

Follow by Email

Contact Me

TwitterFacebookGoogle PlusInstagramRSS FeedEmail

Translate This Blog