Monday, October 7, 2013

Lima Smartphone China yang Wajib Dinantikan

Kita sudah melihat ponsel terbaru dari Meizu, OPPO, dan Xiaomi, akan tetapi tahun ini masih jauh dari berakhir dan masih banyak kejutan yang menanti. Kita tidak dapat menunggu apa yang akan dikeluarkan oleh pembuat ponsel China seperti Zopo, THL, Xiaocai, Nubia, dan Jiayu nantinya.


ZOPO ZP1000
Zopo pada saat ini sedang mengerjakan project ponsel baru, dan dikatakan akan diluncurkan sebelum akhir tahun 2013 ini, dan kita yakin ponsel yang dimaksud adalah Zopo ZP1000.

Sebelumnya ZOPO sudah sering melawan ponsel merk lokal lainnya di pasar China dengan selalu menjadi yang pertama membawa teknologi terbaru dengan harga yang murah. Mereka adalah merk lokal China pertama yang meluncurkan ponsel 3D, pertama menggeluarkan jajaran phablet, dan juga yang pertama menggunakan MTK6589.


Hal ini akan terus berlanjut dengan ponsel berikutnya dari Zopo. Zopo ZP1000 akan menggunakan MTK6592 yang merupakan prosesor octa core buatan Mediatek dengan RAM sebesar 2GB. Luas layar yang akan digunakan kemungkinan adalah 5 inch dengan resolusi display 1080p FHD. Mari berharap bahwa terdapat perbaikan dari segi kamera, Android yang digunakan, dan batre yang lebih besar.

THL Monkey King 2
THL Monkey King 2 merupakan smartphone dengan design terbaik yang pernah dicoba oleh tim GizChina, ponsel ini menggunakan chip Mediatek. Untuk memberi gambaran design dari ponsel ini, bayangkan sisi belakang menggunakan Xiaomi Mi3 dan sisi depan menggunakan Sony Xperia. Kira-kira seperti itulah design dari THL Monkey King 2.


Prototype yang sebelumnya sudah dilihat dan pegang oleh tim GizChina dibuat menggunakan bahan Alloy dan menggunakan layar display 5 inch dengan resolusi 1080p FHD. THL akan segera membereskan permasalahan yang ditemukan oleh para pengguna Monkey King 2, agar handphone terbaru ini mempunyai body yang lebih tahan banting dan batre yang dapat dilepas.

Seperti Zopo, THL selalu menggunakan teknologi terbaru pada pasar. Kemungkinan Monkey King 2 akan menggunakan dual 13MP camera dan juga menggunakan prosesor terbaru Mediatek yang sudah mendukung 4G LTE, kita juga menantikan versi octa core dari Mediatek.

ZTE Nubia Z7
ZTE baru saja mengeluarkan Nubia Z5, akan tetapi perusahana ini sedang mengerjakan suatu proyek ponsel yang baru. Menurut laproan ponsel next-gen ini akan dinamakan ZTE Nubia Z7 atau Z6, dengan layar 6.3inch dan resolusi 2540x1440.


ZTE Nubia Z7 dikatakan menggunakan prosesor terbaru dari Qualcomm yaitu Snapdragon 800 dengan RAM sebesar 4GB. Ponsel ini juga sudah mendukung teknologi LTE, kamera belakang 16 MP dan batre sebesar 4000mah.

Xiaomi Hongmi (WCDMA)
Versi WCDMA dari Xiaomi Hongmi akan menjadi kenyataan, akan tetapi kita belum mendengar berita kapan Xiaomi Hongmi versi WCDMA akan diluncurkan. Popularitas dari Hongmi membantu Xiaomi meninggalkan rivalnya seperti HTC dan Samsung di pasar China, akan tetapi mereka juga menjadi korban dikarenakan sedikitnya dari persediaan untuk membuat Hongmi.


Hongmi pada saat ini adalah sebuah ponsel yang memiliki layar sebesar 4.7 inch dan menggunakan resolusi 720p, prosesor dengan kecepatan 1.5Ghz empat inti MTK6589TT (TD-SCDMA), RAM sebesar 1GB, dan kamera belakang 8MP. UI yang digunakan adalah MIUI V5, dual sim dan tersedia Micro SD card. Versi WCDMA kemungkinan besar akan menggunakan spesifikasi yang sama, akan tetapi dapat digunakan dengan konektivitas yang lebih umum di dunia, yaitu WCDMA.

JiaYu 8 Inti G4 dan G5
JiaYu kemungkinan akan memberikan pembaharuan yang tidak terlalu banyak pada ponsel mereka. Pada tahun lalu JiaYu mempunyai G3 yang menggunakan prosesor dua inti, lalu diperbaharui dengan prosesor empat ini lalu dinamakan G3S. Pembaharuan tersebut juga terjadi pada ponselnya saat ini yaitu JiaYu G4.


JiaYu berencana untuk melakukan pembaharuan dengan menggunakan prosesor delapa inti dari MTK 6592, akan tetapi rencana mereka adalah mengeluarkan G4 versi 8 Core bersamaan dengan G5. Harga yang ditawarkan kemungkinan besar akan meningkat drastis. JiaYu sebelumnya mempunyai masalah pada ketersediaan komponen dari supplier mereka. Semoga kedepannya permasalahan ini tidak terjadi lagi, dan pembuatan ponsel JiaYu menjadi lebih lancar.

Pada artikel ini terdapat lima ponsel China yang patut dinantikan. Akan tetapi apakah ponsel-posenl tersebut akan masuk ke pasar Indonesia ? Menurut penulis, Xiaomi merupakan perusahaan yang memiliki kemungkinan terbesar untuk merambah pasar Global termasuk Indonesia. Karena beberapa minggu sebelumnya Xiaomi sudah merekrut Hugo Barra sebagai Vice President Xiaomi Global. Semoga saja Xiaomi cepat turut meramaikan pasar ponsel Indonesia.

Via GizChina
Share:

Gadget4Indo Shop

Google+ Followers

Total Pageviews

Archives

Powered by Blogger.

Follow by Email

Contact Me

TwitterFacebookGoogle PlusInstagramRSS FeedEmail

Translate This Blog