Thursday, September 26, 2013

AKU & OPPO N1, Sekilas Tentang Produk Terbaru dari OPPO Smartphone

Pasar Smartphone Indonesia dewasa ini sudah dapat dibilang semakin penuh sesak dengan merek Lokal ataupun Global. Walau persaingan sudah bertambah ketat tersebutlah OPPO sebuah perusahaan yang mulai menginvasi pasar Smartphone Indonesia pada awal tahun 2013 tepatnya bulan April yang ditandai dengan peluncuran OPPO Find 5. OPPO sendiri adalah merek international yang sebenarnya lebih dikenal dalam dunia Blueray Player. OPPO mulai memasuki pasar smartphone sejak tahun 2008. Smartphone pertama dan tertipis di dunia berasal dari OPPO, yaitu Finder yang memiliki ketebalan hanya 6.65mm pada jamannya. Setelah itu OPPO mengeluarkan produk Flagship pertama dari mereka yaitu OPPO Find 5, yang mempunyai basis komunitas kuat pada XDADeveloper.



Pada Senin 23 September 2013, OPPO membuat suatu event peluncuran dari produk terbarunya yaitu OPPO N1 di Beijing, China. Peluncuran produk terbaru ini berlangsung dengan sangat meriah. Akan tetapi banyak yang merasa tidak puas dengan apa yang ditawarkan oleh OPPO N1. Mari kita simak lebih lanjut mengenai "Apa itu OPPO N1?".

OPPO N1 adalah smartphone terbaru dari OPPO yang ditenagai oleh prosesor Snapdragon 600 quad core yang memiliki kecepatan 1.7ghz, hal inilah yang membuat para antusias gadget kurang puas. Mengapa perusahaan sebesar OPPO tidak menggunakan Snapdragon 800 pada produk terbaru miliknya ? Apakah karena Snapdragon 800 akan digunakan pada OPPO Find 7 yang menurut rumor beredar akan tersedia pada tahun 2014 ? Walaupun tidak menggunakan chip prosesor terbaru dari Quallcom, Snapdragon 600 tetap merupakan prosesor High-end dari perusahaan tersebut. Dengan kecepatan prosesor yang mencapai 1.7ghz dengan total 4 inti. Menjalankan aplikasi apapun yang ada pada saat ini dipastikan tidak akan mengalami lag yang berarti, tersedia juga RAM sebesar 2GB yang akan menemani prosesor menjalankan aktivitas sehari-hari. OPPO N1 akan memiliki sumber daya sebesar 3610mAh yang memungkinkan pemakaian seharian penuh. Ukuran dimensi dari smartphone ini adalah 170.7 x 82.6 x 9 mm dengan berat 213g, yang membuatnya hampir seberat OPPO Find 5.


Display yang digunakan oleh OPPO N1 juga sudah menggunakan panel FHD 1080p dengan besar layar 5.9 inch. Dapat kita lihat dari gambar di atas yang merupakan gambar asli dari OPPO N1 yang didapat dari website lain yang mempunyai kesempatan untuk memegang smartphone tersebut. OPPO N1 memiliki design bezele yang tipis di sisi kiri dan kanan, tombol capacitive terdapat pada bagian bawah device. 


Kamera sebesar 13MP disematkan di belakang device yang diletakan pada bagian atas tengah dengan dua buah LED Flash. Kamera ini memiliki fungsi rotasi yang merupakan inovasi terbaru pada dunia smartphone, kamera dengan fungsi rotasi ini memungkinkan kamera belakang menjadi kamera depan dengan kualitas yang sama, karena hal tersebut OPPO tidak menyediakan kamera depan. Kamera OPPO N1 ini juga menggunakan teknologi OWL, yang memungkinkan mengambil gambar dengan hasil yang bagus pada kondisi low light. Software kamera dari OPPO ini juga mempunyai beberapa setingan mendasar sebut saja normal, panorama, high-speed, rewind, beauty, dan slow-shutter.


Pada bagian belakang ponsel juga terdapat Touch pad kecil diberi nama O-Touch pannel yang memungkinkan pengguna menslide ke kiri dan kanan pada saat melihat gambar layaknya pengoperasian layar depan, touch pad ini juga dapat berguna sebagai tombol shutter untuk mengambil gambar. Fitur lain yang dipasangkan pada OPPO N1 adalah USB OTG, WiFi Direct, WiFi Display, GPS, Bluetooth 4.0, 5ghz WiFi.


OPPO N1 juga merupakan smartphone pertama yang berkerja sama dengan Cyanogen Inc, pembuat dari Cyanogen MOD. OPPO N1 akan tersedia menggunakan Color Rom dari OPPO sendiri, ataupun menggunakan Cyanogen MOD dari awal pembelian. Akan tetapi untuk pasar Indonesia sendiri penulis belum tahu apakah hal tersebut berlaku.

OPPO N1 akan tersedia dengan storage internal sebesar 16GB dan 32GB. Penulis berharap yang memasuki pasar Indonesia adalah 32GB dengan harga 16GB, walau hal tersebut sedikit tidak mungkin. Berbicara mengenai harga di Beijing sendiri OPPO N1 dibanderol dengan harga 3500 Yuan ($571 / Rp.6.500.000 sekian).

Alasan mengapa penulis menginginkan OPPO N1 ? karena pada saat ini penulis sedang membutuhkan sebuah smartphone yang mempunyai kualitas kamera yang mumpuni dan juga layar yang lebar agar dapat digunakan untuk mencari informasi dari website dengan leluasa. Menurut penulis OPPO N1 adalah sebuah device yang bagus dilihat dari sisi software dikarenakan kerjasama dengan Cyanogen Inc, dan bagus dari sisi hardware dikarenakan prosesor quad core dari Snapdragon 600 dengan kecepatan 1.7Ghz, ditambah lagi dengan inovasi kamera putar yang membuat kamera belakang menjadi kamera depan.

Berikut Video tentang pembuatan OPPO N1

Share:

Gadget4Indo Shop

Google+ Followers

Total Pageviews

Archives

Powered by Blogger.

Follow by Email

Contact Me

TwitterFacebookGoogle PlusInstagramRSS FeedEmail

Translate This Blog