Thursday, August 29, 2013

Review Ragnarok Online 2 Legend of the Second !!

Introduction

Siapa yang tidak kenal akan game Lyto bernama Ragnarok Online pada tahun 2000 awal, saya lupa tahun berapa tepatnya. Game tersebut sangat booming pada jamannya, tidak ada satupun warnet (gamenet) yang tidak mempunyai game tersebut pada komputer yang dipasangnya. Para gamer akan mencari warnet yang ramai memainkan game tersebut lalu membuat guild untuk memperebutkan castle yang tersedia di kota-kota rune midgard. Ragnarok Online hingga saat ini masih berjalan dan dipegang oleh Lyto.




Pada tanggal 28 Agustus 2013 Lyto selaku publisher RO akhirnya merilis game terbarunya lanjutan dari Ragnarok Online, yang bernama Ragnarok Online 2 Legend of the Second. Game ini sudah masuk ke dalam tahapan Open Beta Test yang mengartikan tidak akan ada reset setelah masa OBT ini berakhir. Tidak seperti Close Beta Test, dimana dilakukan reset pada saat CBT berakhir.

Saya rasa sudah cukup untuk mengenalkan RO 2 ini kepada para pembaca, mari kita lanjutkan kepada beberapa point-point di bawah.

How To Play

Untuk memainkan game ini anda diharuskan untuk mendownload client dari web Ragnarok Online 2 Client Download. Client ini sendiri memiliki ukuran sebesar 4.6GB, untuk game tahun 2013 ukuran installer ini bisa dibilang standart. Karena grafis yang digunakan hampir semua sudah 3D.


Setelah anda mendownload Client tersebut anda dapat menginstal langsung dari client seperti game-game lainnya. Setelah anda selesai menginstal game, anda tinggal mengklik shortcut Ragnarok Online 2, akan keluar patcher untuk mendeteksi apakah versi anda sudah yang terbaru apa belum. Klik start untuk memulai permainan. Halaman login akan tampil seperti gambar di bawah.


Masukan id dan password dari Lyto anda, kamu akan disuruh untuk membuat 2nd password berupa 4 angka yang harus di klik pada virtual keyboard. Virtual keyboard ini akan mengganti urutan angka yang kamu pilih, sehingga lebih aman. Setelah login, kamu dapat memilih Server dan Channel untuk masuk ke dalam game. Pada layar pemilihan Character akan ada tombol untuk membuat character baru. Menu membuat character baru akan tampil seperti gambar di bawah.


Pada menu membuat character baru ini saya sudah kotak-kotakan bagian yang penting. Di sebelah kiri atas terdapat pilihan untuk mengambil gender character anda, Male or Female. Pada kotak bagian bawahnya terdapat Kelas yang dapat anda ambil, terdapat lima kelas dasar pada game RO 2 ini, yaitu Swordman, Magician, Thief,  Archer, dan Acolyte. Tidak ada lagi kelas beginner seperti di RO 1. Di kotak kanan atas terdapat tombol untuk memilih 2nd job seperti Chef, Alchemist, Blacksmith, ataupun Artisan. Pada kotak bawahnya terdapat beberapa macam option yang tersedia untuk memilih Gaya Rambut, Warna Rambut, Bentuk Mata, Warna Mata, Bentuk Wajah, dan Suara. Setelah anda membuat character menurut yang anda mau anda tinggal memasukan nama character anda di bagian kanan bawah dan tekan tombol periksa nama untuk mencoba apakah nama yang anda masukan sudah terpakai atau belum. Jika belum anda dapat menggunakan nama tersebut dengan tekan Buat Karakter.

Gameplay

Gameplay dari Ragnarok Online 2 Legend of The Second ini masih menggunakan klik untuik target dan bergerak menggunakan W untuk bergerak maju, S untuk bergerak mundur, A untuk bergerak ke kiri, D untuk bergerak ke kanan, Q untuk bergerak serong kiri, dan E untuk bergerak serong kanan. Untuk menyerang monster player diharuskan membuat character menghadap ke pada monster tersebut lalu klik kiri pada monster dan gunakan skill yang sudah dipelajari dan di set pada kolom shortcut 1-9. Player juga dapat menyerang langsung dengan pukulan fisik dengan cara langsung mengklik kanan kepada monster yang di targetkan.

Sistim gameplay di atas mungkin sudah sangat membosankan jika anda adalah seorang gamer yang mengikuti perkembangan dunia game pada saat ini. Karena banyak sekali game-game baru yang meggunakan sistem game tipe Action, game tersebut membutuhkan lebih bnyk keahlian dari gamernya untuk mendapatkan pengelaman terbaik dari suatu game. Akan tetapi karena game ini memang sebenarnya di develope sudah cukup lama, wajar bila gameplay yang di anutnya masihlah menggunakan gameplay dari jaman dahulu.

Tampilan Game ini terbilang cukup bagus, apalagi jika dibandingkan dengan RO yang masih menggunakan gambar 2D untuk character 3D untuk background. Untuk RO2 sudah menggunakan Full 3D untuk character dan pemandangan sekitar, suatu hal yang tidak aneh untuk game sekarang.

Tampilan Mini Map dapat diperoleh dengan cara menekan tombol M 2x, dan akan terlihat sebagai berikut. Pada tampilan mini map terdapat berbagai macam icon yang jika anda mengarahkan cursor kepada icon tersebut akan tertulis keterangan. Seperti tanda ? berwarna biru adalah tempat dimana tempat anda harus melaporkan quest anda.


Game ini juga memiliki fitur yang tidak dapat dibilang baru pada game jaman sekarang yaitu Riding Mount, berikut berbagai macam pilihan dari Riding Mount yang tersedia saat ini. Untuk mount pada awal game akan diberikan Mount Gratis Nippy Peco Peco. Setiap mount mempunyai kecepatannya sendiri ya, seperti Petit akan meningkatkan kecepatan berjalan character anda 160%. Nippy Peco Peco yang gratis hanya memberikan kecepatan 150%.




Untuk mengetahui tombol-tombol shortcut secara default anda dapat menekan tombol ESC dan akan menemukan menu seperti ini. Anda dapat memeriksa tombol-tombol apa saja yang dapat digunakan pada menu Tombol Shortcut. Untuk settingan gambar dapat dilihat dari Setting Sistem.



Untuk saat ini review yang bisa saya berikan hanya sejauh ini, dikarenakan saya belum memainkan game ini terlalu lama. Untuk kedepannya jika memang game ini dapat menarik perhatian saya untuk melanjutkan memainkannya, mungkin akan saya posting lagi beberapa tips dan trick yang saya temukan di dalam game RO 2 ini.

Salama Gamers Cheers.

Share:

Gadget4Indo Shop

Google+ Followers

Total Pageviews

Powered by Blogger.

Follow by Email

Contact Me

TwitterFacebookGoogle PlusInstagramRSS FeedEmail

Translate This Blog