Thursday, August 22, 2013

Review, Metro : Last Light, Game Post Apocalypse Lanjutan Dari Game Metro 2033

At last my First Review, kebetulan saya mendapatkan game ini pada saat saya memulai Blog saya pada tanggal 21 Agustus kemarin. Dari mana saya mendapatkannya ? anda dapat memikirkan banyak sumber untuk hal tersebut hahaha. Walau Metro Last Light ini sudah release dari tanggal 14 Mei 2013, penulis baru dapat mencobanya kemarin. Karena hal tersebut mohon maaf jika review ini sudah terkesan basi. Game ini merupakan Game Multi Platform yang dapat dimainkan di PC, XBOX360, dan PS3.


Story

Untuk Story akan saya ambil dari Wikipedia dan saya terjemahkan kedalam Bahasa Indonesia, penulis bukanlah ahli penerjemah so im sorry if there is any wrong translation.

Metro: Last Light berlangsung satu tahun setelah peristiwa Metro 2033, berawal dari akhir yang cukup menggelegar dari novelnya, di mana pada akhirnya Artyom memilih melakukan serangan misil kepada The Dark Ones. Sistem ‘Karma’ yang tersembunyi didasarkan pada tindakan pemain selama permainan, seperti menembak musuh yang sudah menyerah atau membunuh mutan yang tidak mempunyai niat jahat(karma negatif), atau mendengarkan percakapan NPC atau menyumbang ke pengemis di stasiun (karma positif), ada pada saat permainan berlangsung, namun hasilnya tidak akan terungkap hingga tingkat terakhir.

Sejak tahun 2033, Rangers sudah menduduki Fasilitas Militer D6, sebuah bunker sebelum perang besar dengan banyak terowongan yang Rangers belum sepenuhnya eksplorasi. Berkat achievementnya dalam menghancurkan The Dark Ones, Artyom telah resmi menjadi seorang Ranger. Meskipun dengan upaya terbaik dari Rangers, rumor tentang D6 telah menyebar di seluruh Metro bahwa fasilitas tersebut telah ditemukan dan mempunyai perlengkapan yang bisa menghidupi seluruh kehidupan di Metro selamanya. Rumor menunjukkan faksi saingan mendorong untuk perang untuk mengambil alih persediaan untuk diri mereka sendiri. Khan, pengembara mistik, tiba di D6 untuk menginformasikan Artyom dan Rangers bahwa terdapat satu The Dark Ones yang selamat dari serangan rudal. Khan meyakini The Dark One tersebut adalah kunci untuk masa depan umat manusia, dan ingin berdamai dengan makhluk tersebut, sedangkan pemimpin Ranger, Kolonel Miller, ingin membunuh makhluk tersebut, mengakhiri ancaman The Dark One selamanya. Miller mengirimkan Artyom ke permukaan dengan misi untuk membunuh The Dark one, ia disertai oleh Anna, putri sarkastik Miller dan penembak jitu terbaik Rangers.
Bagaimana kisah petualangan dari Artyom selanjutnya ? bagaimana Perang Rangers dengan faksi lainnya ? Untuk mengetahui ceritanya lebih lanjut ada baiknya anda memainkan game ini.

Gameplay

Untuk Gameplay-nya sendiri, seperti game FPS pada umumnya pergerakan character menggunakan W untuk bergerak maju, S untuk bergerak mundur, A untuk bergerak ke kiri, dan D untuk bergerak ke kanan. Untuk menunduk anda menekan tombol CTRL dan untuk sprint anda menahan shift. Pada game ini juga terdapat lighter yang berfungsi untuk membakar jarring laba-laba yang tersebar di dunia bawah tanah Metro. Jaring laba-laba akan membuat pergerakan anda berkurang sekitar 60%.

Misi pada game ini lebih banyak bertipe stealth, dikarenakan tempat yang gelap sehingga musuh tidak dapat melihat yang memberikan keuntungan pada kita. Anda akan lebih banyak melakukan stealth killing, dibandingkan dengan bertarung di area yang terbuka dengan menahan tombol menembak dengan lama. Pada jam tangan player akan terlihat tanda apakah anda sedang terlihat oleh musuh atau tidak, ada cahaya biru pada jam tangan anda jika character anda terlihat di tempat terbuka. Jam tangan tersebut juga merupakan indikator penting pada saat anda berada di permukaan, jam tangan ini akan menunjukan berapa lama waktu yang anda punya di permukaan sebelum mengganti filter udara baru.
Dapat dilihat pada gambar terdapat tanda biru pada jam tangan, dan angka yang menunjukan berapa lama waktu anda yang tersisa untuk dapat bernafas di permukaan.
Penamaan senjata yang digunakan pada game ini adalah sesuatu yang original sebut saja Bastard untuk nama sebuah SMG, Doublets untuk sebuah shotgun double barrel, dan lainnya. Senjata pada Metro Last Light dapat diupgrade pada toko yang terdapat pada kota yang tersedia. Menamakan tempat tersebut sebagai kota sedikit terasa aneh, dikarenakan lebih kearah tempat pengungsian. Mata uang yang digunakan dalam game adalah Military Grade Ammunition yang bisa didapatkan dari musuh yang berbentuk manusia.

Graphics

Untuk gambar lebih baik kita lihat dari Screenshot yang saya dapatkan dari website luar, dikarenakan pada saat saya memainkan gamenya kemarin saya tidak dapat menemukan cara untuk mengambil gambar dalam game. Mungkin gamer lainnya dapat memberikan tips kepada saya bagaimana caranya mengambil Screenshot dalam game ? tolong isi komen di bawah ya thanks.

Metro Last Light ScreenShot 1

Metro Last Light ScreenShot 2

Metro Last Light ScreenShot 3

Metro Last Light ScreenShot 4

Metro Last Light ScreenShot 5 credit to Videogamer.com


Benchmark Testing
Gambar menunjukan hasil yang di dapat pada saat game di setting pada Resolusi 1920x1080 Quality High.

Gambar menunjukan hasil yang di dapat pada saat game di setting pada Resolusi 1920x1080 Quality Medium. 

Dari hasil tersebut didapatkan data bahwa dengan spec komputer milik saya yang notabene rig tahun lalu, masih dapat memainkan game Metro Last Light yang dapat dibilang masih fresh from the oven. Frame rate pada settingan high mendapatkan average 23.00 max 39.47 min 13.05, dan pada settingan quality medium mendapatkan Average FPS 33.00, Max FPS 60.86, dan Min FPS 6.77. Sekedar pengingat saja RIG PC saya adalah Processor AMD FX-6100, VGA AMD MSI R7770, RAM 8GB Dual Channel, dan MOBO ASRock 970 Extreme3 R2.0


Memang kita tidak dapat menggunakan setting rata kanan dengan spec kompie seperti yang saya punya, akan tetapi pada saat kita memainkan suatu game yang anda cari apakah kualitas dari gambar saja atau game tersebut memang masih dapat dimainkan dengan Rig yang kita punya saat ini ? tentu saja jika anda mempunyai budget berlebih dapat membeli spec pc untuk setting rata kanan. Tapi karena penulis merupakan “pengacara” pada saat ini, tidak memungkinkan upgrade pc untuk saat ini.

Sekian penulisan Review Game pertama saya untuk saat ini, yang akan dilanjutkan dengan review-review lainnya yang saya harap dapat memberikan informasi yang berguna bagi pembaca semua.

Thanks.
Share:

Gadget4Indo Shop

Google+ Followers

Total Pageviews

Powered by Blogger.

Follow by Email

Contact Me

TwitterFacebookGoogle PlusInstagramRSS FeedEmail

Translate This Blog